Minggu, 15 Januari 2012

RAM DAN JENIS-JENIS RAM

ABSTRAK
komputer adalah alat yang hampir digunakan oleh perusahaan,perorangan,dan instansi pemerintah dan computer tak pernal lepas dari kehidupan manusia. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

RAM
merupakan unsur yang menyusun CPU, RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program.RAM tersusun atas beberapa komponen seperti Printed Circuit Board (PCB) Contact Point
Chip DRAM .

RAM
merupakan salah satu jenis memori internal yang mendukung kecepatan prosesor dalam mengolah data dan instruksi. Dengan menggunakan tambahan RAM ke dalam komputer dapat menghasilkan pengaruh positif pada kinerja dan kecepatan komputer, meskipun RAM sebenarnya tidak menentukan kecepatan komputer.Dapat disimpulkan koputer tidak akan berfungsi bila RAM tidak ada dalam computer.
Kata kunci : RAM adalah penyimpanan data sementara

ABSTRACT
Computer is a tool that is almost used by enterprises, individuals, and government agencies and computer pernal not be separated from human life. Word computer originally used to describe people who perkerjaannya perform arithmetic calculations, with or without a walker, but the meaning of this word is then transferred to the machine itself.
Originally, the processing of information is almost exclusively related to arithmetical problems, but modern computers are used for many tasks unrelated to mathematics.

RAM is the elements that make up the CPU, RAM stands for Random Access Memory is a computer hardware store that serves a variety of data and instructions program.RAM composed of several components such as printed circuit board (PCB) Contact Point,DRAM chips.
RAM is one type of internal memory that supports the processor speed in processing data and instructions. By using additional RAM into a computer can produce a positive effect on performance and computer speed, although not actually determine the speed of RAM your computer.It can be concluded computer will not work if the RAM is not in the computer.
Keywords: RAM is a temporary data storage

Pendahuluan
Pada globalisasi ini teknologi semakin berkembang pesat contohnya computer, Pemerintah, swasta dan individu mempunyai dan memerlukan computer untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau sekedar menghibur diri .
Mereka biasanya hanya bisa menggunakan komputer tanpa memperhatikan apa sebenarnya kegunaan dari perangkat tersebut apalagi mengetahui fungsi dan bagian dari computer.
Komputer menpunyai beberapa bagian penting seperti Monitor,dan iktentunnya CPU,CPU memiliki banyak abgian diantaranya hardisk dan RAM (Random Access Memory).RAM merupaka bagian yang sangat penting bagi computer. RAM berfungsi menyimpan sistim aplikasi, sistem pengendalian, dan data yang sedang beroperasi atau diolah. Maka dari itu, dalam paper penulis menjelaskan tentang pengertian RAM,Struktur RAM dan Jenis-jenis RAM.
Tujuan
Dari masalah yang ada, Tujuan dalam pembuatan paper adalah :
• Mengetahui apa yang dimagsud dengan RAM
• Mengetahui Komponen RAM
• Mengetahui jenis-enis RAM

PEMBAHASAN
Penngertian RAM
RAM (Random Access Memory) adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program. Berbeda dengan tape magnetik atau disk yang mengakses data secara berurutan, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada pengaturan letak data.RAM diukur dengan KB,MB,GB. Kebanyakan dari RAM disebut sebagai barang yang volatile artinya adalah jika daya listrik dicabut dari komputer dan komputer tersebut mati, maka semua konten yang ada di dalam RAM akan segera hilang secara permanen
RAM biasa juga disebut sebagai memori utama (main memory), memori primer (primary memory), memori internal (internal memory), penyimpanan utama(primary storage), memory stick, atau RAM stick.
RAM merupakan salah satu jenis memori internal yang mendukung kecepatan prosesor dalam mengolah data dan instruksi. Dengan menggunakan tambahan RAM ke dalam komputer dapat menghasilkan pengaruh positif pada kinerja dan kecepatan komputer, meskipun RAM sebenarnya tidak menentukan kecepatan komputer.
Jenis – jenis RAM
RAM Berdasarkan Module
Single Inline Memory Module (SIMM)
Mempunyai kapasitas 30 atau 72 pin. Memori SIMM 30 pin untuk kegunaan PC zaman 80286 sehingga 80486 dan beroperasi pada 16 bit. Memory 72 pin banyak digunakan untuk PC berasaskan Pentium dan beroperasi pada 32 bit. Kecepatan dirujuk mengikuti istilah ns (nano second) seperti 80ns, 70ns, 60ns dan sebagainya. Semakin kecil nilainya maka kecepatan lebih tinggi. DRAM (dynamic RAM) dan EDO RAM (extended data-out RAM) menggunakan SIMM. DRAM menyimpan bit di dalam suatu sel penyimpanan (storage sell) sebagai suatu nilai elektrik (electrical charge) yang harus di-refesh beratus-ratus kali setiap saat untuk menetapkan (retain) data. EDO RAM sejenis DRAM lebih cepat, EDO memakan waktu dalam output data, dimana ia memakan waktu di antara CPU dan RAM. Memori jenis ini tidak lagi digunakan pada komputer akhir-akhir ini
DoubleInlineMemoryModule(DIMM)
Berkapasitas 168 pin, kedua belah modul memori ini aktif, setiap permukaan adalah 84 pin. Ini berbeda daripada SIMM yang hanya berfungsi pada sebelah modul saja. Menyokong 64 bit penghantaran data. SDRAM (synchronous DRAM) menggunakan DIMM. Merupakan penganti dari DRAM, FPM (fast page memory) dan EDO. SDRAM pengatur (synchronizes) memori supaya sama dengan CPU clock untuk pemindahan data yang lebih cepat. dan terdapat dalam dua kecepatan iaitu 100MHz (PC100) dan 133MHz (PC133).
RIMM (Rambus)
Dulu dikenali sebagai RDRAM. Adalah sejenis SDRAM yang dibuat oleh Rambus. DRDRAM digunakan untuk CPU dari Intel yang berkecepatan tinggi. Pemindahan data sama seperti DDR SDRAM tetapi mempunyai dua saluran data untuk meningkatkan kemampuan. Juga dikenali sebagai PC800 yang kerkelajuan 400MHz. Beroperasi dalam bentuk 16 bit bukan 64 bit. Pada saat ini terdapat DRDRAM berkecepatan 1066MHz yang dikenal dengan RIMM (Rambus inline memory module). DRDRAM model RIMM 4200 32-bit menghantar 4.2gb setiap saat pada kecepatan 1066MHZ
RAM dibedakan berdasarkan jumlah PIN dan kecepatannya
FPM RAM ( Fast Page Mode Random Access Memory).
FPM RAM Adalah RAM yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboard komputer, dimana RAM ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan 386. Memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.
EDO RAM (Extended Data Out Random Acces Memory )
RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO – RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz
BEDO RAM ( Burst EDO RAM )
RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.
SD RAM(Synchronous Dynamic Random Access Memory)
RAM jenis ini memiliki kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.
RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)
RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.
DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM)
RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM.

Komponen elektronika didalam RAM

Printed Circuit Board (PCB)
Printed Circuit Board adalah papan/board untuk meletakkan komponen yang berisi jalur koneksi komponen yang satu dengan komponen yang lain. PCB terbuat dari pertinak/fiber tang dilapisi tembaga atau perak. Biasanya PCB berwarna hijau dan berisi beberapa lapis/layer tembaga.
Contact Point
Contact Point adalah pin-pin koneksi RAM yang data dari motherboard ke RAM atau sebaliknya. Contact point yang baik terbuat dari emas karena memiliki nilai konduktivitas (hubungan listrik) yang baik. Pada sela-sela contact point biasanya ada lekukan yang disebut notch. Lekukan ini berfungsi mencegah pemasangan RAM terbalik dan menyetabilkan posisi RAM pada motherboard. Disarankan tidak memegang contact point dari RAM untuk mencegah oksidasi yang berakibat mengganggu koneksi dari RAM.
Chip DRAM
Chip DRAM adalah komponen utama RAM. Chip ini berbentuk IC, dan sangat peka terhadap muatan statis, jadi sebaiknya tidak memegang RAM secara langsung agar chip tida rusak dan awet

KESIMPULAN

RAM adalah perangkat keras yang ada didalam kompter,RAM sangat penting bagi kompter karena tanpa RAM computer tak akan bisa berfungsi karena RAM lah yang memberi perintah pada computer.
RAM terdiri dari beberapa komponen seperti Printed Circuit Board (PCB,. Printed Circuit Board adalah papan/board untuk meletakkan komponen yang berisi jalur koneksi komponen yang satu dengan komponen yang lain, Contact Point adalah pin-pin koneksi RAM yang data dari motherboard ke RAM atau sebaliknya, Chip DRAM adalah komponen utama RAM. Chip ini berbentuk IC.
RAM memiliki banyak jenis seperti Single Inline Memory Module (SIMM),DoubleInlineMemoryModule(DIMM),RIMM (Rambus), DDR SDRAM ,(Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM),RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory),SD RAM(Synchronous Dynamic Random Access Memory),BEDO RAM ( Burst EDO RAM )FPM RAM ( Fast Page Mode Random ,Access Memory),EDO RAM (Extended Data Out Random Acces Memory )

DAFTAR PUSTAKA
http://arif43.wordpress.com/2010/02/04/r-a-m-random-acces-memory/
http://erlinet.wordpress.com/2010/10/22/mengenal-ram-dan-fungsinya/
http://aeros-adh13.blogspot.com/2011/04/fungsi-ram.html

0 komentar:

Posting Komentar